Friday, November 21, 2008

ETI (Extra Terrestrial Intellegence being)

Telah kita ketahui bahwa di langit terdapat demikian banyak bintang. Matahari juga merupakan sebuah bintang. Oleh karena matahari merupakan sebuah bintang, maka timbulah suatu pendapat: bila matahari memiliki pengikut demikian banyak (8 planet, 42 satelit, ratusan asteroid dan puluhan komet), apakah tidak mungkin bintang-bintang lain juga memiliki pengikut seperti matahari?
 

Memang hingga saat ini belum ada teropong yang berhasil melihat adanya planet-planet pada bintang-bintang lain. Karena jarak bintang-bintang lain tersebut sangat jauh. Meskipun begitu, menurut para astronom melalui peneropongan radio, pada bintang tetangga matahari yang bernama bintang Barnard, kemungkinan besar terdapat planet pengikut sebesar Jupiter. Dugaan ini didasarkan dari gerakan “bergoyang” bintang tersebut yang diperkiran akibat dari pengaruh gravitasi planet pengikutnya. 
Dengan adanya dugaan itu, maka bukan mustahil bila sebagian diantara bintang-bintang memiliki planet pengikut. Ini berarti selain sistem tata surya kita (keluarga matahari) di luar sana mungkin terdapat keluarga-keluarga lain, misalnya keluarga Barnard. Dan itu berarti pula bahwa setiap keluarga merupakan sistem tata surya juga.
 

Lebih jauh, dengan adanya dugaan itu, para astronom telah mengambil kesimpulan lain. Bila di langit sana terdapat bintang berpengikut (sistem tata surya lain, red), tidak mustahil bila diantara pengikutnya ada yang memiliki situasi dan kondisi seperti di bumi. Andaikan dari sekian banyak bintang terdapat 1000 sistem tata surya saja yang memiliki planet seperti Bumi, bukankah itu berarti di alam raya ini terdapat planet-planet lain yang berpenghuni seperti bumi???
 

Para astronom memperkirakan bahwa diantara planet berpenghuni itu banyak yang telah memiliki peradaban lebih tinggi jika dibandingkan manusia Bumi. Hal tersebut didasari atas dugaan bahwa diantara bintang-bintang tersebut tidak sedikit yang usianya lebih tua dari Matahari. Dengan demikian penghuni pada planet-planet tersebut sudah hidup lebih lama daripada manusia Bumi. Artinya mereka telah memiliki peradaban yang lebih tinggi. Makhluk yang berperadaban lebih tinggi itu dinamakan ETI (Extra Terrestrial Intellegence being/makhluk cerdas dari antariksa). Namun sampai saat ini belum ada satu astronom pun yang telah berhasil membuktikan keberadaan ETI ini dan sampai sekarang proyek-proyek “mencari” keberadaan ETI masih terus dilakukan. Jadi, apakah ETI itu ada????????????????????

No comments:

Post a Comment