Sunday, December 14, 2008

WALL-E


WALL-E, sebuah film animasi karya Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios ini bercerita tentang Bumi di masa depan, ketika lingkungan sudah tidak dihiraukan oleh manusia, sampah menggunung, dan pada akhirnya karena terlalu banyaknya polusi, Bumi sudah tidak layak dihuni makhluk hidup. Termasuk manusia, hewan maupun tumbuhan. Pada akhirnya manusia hijrah ke luar angkasa dengan meninggali sebuah kapal induk luar angkasa.

Pada saat tersebut, di bumi ditinggalkan sekumpulan robot pembersih bumi yang kondisinya sudah sangat menakutkan, robot-robot tersebut adalah WALL-E, singkatan dari Waste Allocation Load Lifter Earth class, namun dari sekian banyaknya robot-robot yang ditugaskan untuk membersihkan bumi itu, hanya tersisa sebuah robot WALL-E dan seekor kecoa yang menemaninya.



Pada suatu hari, ketika WALL-E sedang bertugas, datanglah sekelompok robot penjelajah yang dikirim manusia yang hidup di kapal induk luar angkasa untuk memeriksa keadaan bumi dan mencari tumbuhan (memastikan bahwa bumi telah layak ditinggali kembali oleh manusia). Salah satu robot penjelajah yang bernama Eva, bertemu dengan WALL-E dan kemudian bertemu dengan WALL-E. WALL-E yang telah mengkoleksi barang-barang “sampah” peninggalan manusia dan telah menonton rekaman yang ditinggalkan manusia (rekaman tentang kisah cinta manusia) terpengaruh dan kemudian jatuh cinta kepada Eva.

Disaat-saat itu, WALL-E menunjukkan barang-barang unik koleksinya kepada Eva, dan salah satu barang unik miliknya ternyata adalah sebuah kecambah (tumbuhan yang sedang dicari Eva). Seketika itu juga Eva menjadi seolah tidak berfungsi setelah menerima tumbuhan dari WALL-E tersebut. Disaat inilah dalam film ini digambarkan pengorbanan WALL-E yang sangat dramatis dalam menjaga Eva yang dikiranya tidak berfungsi.

Setelah beberapa waktu WALL-E menjaga Eva yang tidak bergerak sama sekali, kemudian tiba pesawat penjemput yang dikirim manusia untuk menjemput robot-robot penjelajah (Eva dan teman-temannya). Karena tidak mau kehilangan Eva, kemudian WALL-E menyusup ke dalam pesawat tersebut dan ikut ke kapal induk ruang angkasa yang menjadi tempat tinggal manusia.

Di dalam kapal induk, digambarkan bahwa manusia sudah sangat tergantung pada teknologi, mereka telah mengalami “evolusi”, tubuh mereka menjadi sangat gemuk dan tidak bisa berjalan (mereka berjpindah dengan menggunakan kursi yang melayang, fisik merekapun sangat lemah. Ketika Tumbuhan yang ditemukan Eva sampai di tangan kapten kapal, kapten berencana untuk kembali ke bumi setelah beberapa generasi bumi ditinggalkan manusia. Namun rencana ini ditentang oleh robot kemudi yang berkhianat. Disinilah digambarkan tentang pengkhianatan robot yang diciptakan manusia untuk menjadi pelayan bagi manusia, malah memaksakan keinginannya sendiri untuk menguasai manusia. Namun ada beberapa robot (termasuk WALL-E dan Eva) yang masih sangat setia kepada manusia dan mambantu manusia melawan robot-robot pengkhianat tadi. Pada akhirnya manusia menang melawan robot pengkhianat dan berhasil kembali ke Bumi. Mereka berjanji akan membangun kembali Bumi dari Awal dan tidak akan mengulangi kesalahan yang telah dilakukan nenek moyangnya, yaitu merusak bumi dan tidak memperhatikan kelangsungan hidup semua makhluk di Bumi.

Inti dari film yang berdurasi sekitar 100 menit ini, adalah mengenai pentingnya kita menjaga lingkungan, menjaga Bumi kita ini. Jangan sampai kejadian dalam film ini, dimana bumi sudah sangat rusak karena kelalaian manusia tidak menjadi kenyataan, yang pada akhirnya menyusahkan manusia sendiri. Kita harus ingat, bumi bukan hanya untuk kita, tapi juga bumi harus menjadi tempat yang dapat mendukung anak cucu kita hidup di masa depan. Jadi, kita harus mulai dari sekarang turut serta menjaga Bumi kita ini, karena “kita hidup di Bumi ini, hari ini, esok dan seterusnya”. Jadi mari kita wujudkan Bumi impian, bukan hanya untuk kita, namun juga untuk anak cucu kita nanti

facebook.com/wirzz

No comments:

Post a Comment