Wednesday, March 25, 2009

THE DAY THE EARTH STOOD STILL

The Day The Earth Stood Still, film fiksi ilmiah karya twentieth century fox yang bercerita tentang seorang ilmuwan, bernama DR. Helen Benson (Jennifer Connely), terjebak dengan situasi yang menuntut dirinya berhadapan dengan makhluk asing(alien) yang mengaku dirinya bernama Klaatu (Keanu Reeves). Klaatu adalah alien yang berasal dari suatu peradaban yang pernah datang dan meneliti bumi, hal inilah yang menyebabkan wujud Klaatu disamakan dengan bentuk manusia dan telah menguasai bahasa yang digunakan manusia. Kemudian mereka mengutus Klaatu untuk datang kembali mengatasi krisis lingkungan yang tengah terjadi di Bumi.



Untuk mengatasi krisis yang terjadi di Bumi tersebut, Klaatu menginginkan bertemu dengan pemimpin Bumi untuk membicarakan masalah krisis lingkungan tersebut, namun mentri pertahanan AS yang berkuasa akan situasi kedatangan alien itu melarang Klaatu untuk datang ke sidang PBB yang tengah berlangsung, akhirnya Klaatu mengambil keputusan sendiri, yaitu menyelamatkan Bumi dengan cara mengorbankan manusia. Karena, menurut peradabannya yang menyebabkan bumi menuju kehancuran adalah manusia itu sendiri. “Jika bumi hancur, maka manusia juga akan musnah. Tapi jika manusia yang dihancurkan, maka bumi masih bisa bertahan”.


DR. Helen Benson yang menyadari akan hal ini harus cepat mengambil tindakan untuk mencegah penghancuran ras manusia yang dilakukan oleh rasnya Klaatu di Bumi. Proses pemusnahan manusiapun dimulai, yaitu dengan menyebarkan robot berukuran nano (nanobot) berbentuk serangga yang membelah diri secara cepat dan memakan manusia beserta hasil kebudayaannya. Helen harus secepatnya menghentikan proses itu sebelum terlambat. Lalu dia mengajak Klaatu berdiskusi dengan profesornyaHelen, kesimpulan dari diskusi ini adalah “manusia akan merubah prilakunya jika sudah di ujung tanduk, jadi jangan mengambil kesempatan manusia untuk berubah”. Namun Klaatu tidak percaya dan meyakini bahwa manusia adalah ras penghancur dan penuh kekerasan. Ketika proses masih berlangsung, akhirnya Klaatu melihat sisi lain dari manusia, namun apakah sisi lain manusia tersebut membuat Klaatu membatalkan proses pemusnahan ras manusia?

Pelajaran yang dapat kita ambil dari film ini adalah pentingnya kita menjaga lingkungan, menjaga Bumi. Jangan sampai kejadian dalam film ini, dimana bumi sudah sangat rusak karena kelalaian manusia menjadi kenyataan, yang pada akhirnya menyusahkan manusia sendiri. Kita harus ingat, bumi bukan hanya milik kita, jangan sampai kita baru menjaga bumi jika bumi sudah tidak sanggup lagi menyokong kehidupan kita. Jadi mari kita wujudkan Bumi impian,mulai dari sekarang, bukan hanya untuk kita, namun juga untuk kelangsungan hidup ras manusia.
facebook.com/wirzz

2 comments:

Bang Mupi said...

kurang bagus filmnya. Pesan bagus tapi ga nyampe ke penonton.
Salam kenal :D

Apathis Crew said...

salam kenal juga om..

Post a Comment